Jurusan Kuliah Yang Paling Banyak di Minati Pelajar

 

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas, biasanya kita di berikan dua pilihan; kuliah atau kerja? Bagi yang memilih kuliah, biasanya kita akan dipusingkan dengan universitas mana yang akan kita pilih? Atau jurusan apa yang kita ambil?

Menentukan universitas dan jurusan saat kuliah bukanlah hal yang sepele. Kalau asal milih, bisa-bisa ujungnya kamu nyesel, lho. Bahkan banyak dari teman kita yang berhenti di tengah jalan karena ngerasa nggak cocok sama jurusannya. Jangan sampe kalian nyerah gitu aja ya, Hi-Mates. Semangat!

Berikut ini hiVAL mau ngasih referensi 5 jurusan kuliah yang paling banyak diminati pelajar. Siapa tau aja ada satu yang narik perhatian kamu. Yuk, disimak!

  1. Kedokteran
BamboeRoentjing.com

Jurusan yang satu ini emang selalu jadi primadona dikalangan anak IPA. Dan setiap tahunnya, peminat jurusan bidang kesehatan ini pastinya akan terus meningkat. Salah satu alasan banyaknya pelajar yang meminati jurusan ini yaitu masa depan yang menjanjikan. Coba aja kalian ke rumah sakit, pasti ngeluarin biaya yang nggak sedikit. Kita bahkan bisa buka klinik sendiri yang tentunya lebih menguntungkan. Selain itu, profesi dokter membuat kita merasa bangga karena kita bisa menyelamatkan hidup orang lain. Makanya, jangan heran kalo banyak orang tua yang rela ngeluarin uang banyak demi anaknya bisa jadi dokter. Kalian berminat?

 

  1. Sastra Inggris
AiniSastra.Com

Percaya atau nggak, nggak sedikit pelajar yang berminat jadi salah satu mahasiswa bahasa asing yang satu ini. Selain semua latar belajang pendidikan yang bisa masuk ke jurusan ini, ada salah satu faktor lain yang bikin pelajar tertarik dengan Sastra Inggris; yaitu bidang pekerjaannya yang luas. Setelah lulus nanti, kamu bisa jadi guru, pengajar kursus, penerjemah, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan bekerja di kedutaan luar negeri, lho! Tertarik?

 

  1. Teknik dan Arsitektur
unukaltim.ac.id

Buat kalian yang punya kreativitas dan imajinasi yang tinggi terutama dalam hal bangun-membangun, cocok banget ambil jurusan ini! Karena disini kalian akan mempelajari teknik yang di mix dengan seni hingga melahirkan inovasi yang baru. Selain pandai menggambar, kamu juga harus pandai berhitung, karena di jurusan ini kamu akan membutuhkan perhitungan-perhitungan yang tepat saat menggambar bangunan.

 

  1. Hukum
tumblr.com

Di Indonesia, jurusan yang satu ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat paling banyak. Bahkan menurut survey Higher Education Statistic Agency  di Inggris (www.academicindonesia.com), jurusan Hukum masuk ke daftar 10 jurusan yang paling cepat dapat pekerjaan setelah lulus, lho. Makanya, jangan heran kalo banyak pelajar yang berbondong-bondong masuk jurusan ini.

 

  1. Ekonomi
fajarsumatera.co.id

Hampir seluruh Universitas di Indonesia mengadakan program peminatan yang satu ini. Banyak juga pelajar yang berminat menjadi salah satu mahasiswa dari jurusan yang dasarnya hitung-menghitung ini. Tingginya permintaan perusahaan terhadap lulusan jurusan Ekonomi menjadi salah satu alasan mengapa banyak pelajar yang berjuang agar bisa menjadi salah satu mahasiswa jurusan non-eksakta ini.

 

Nah, itulah 5 jurusan yang banyak diminati pelajar menurut hiVAl. Pastikan kamu sudah memperhitungkan segalanya dengan matang sebelum masuk ke jurusan yang kamu pilih, ya.

 

Kalau kamu punya rekomendasi jurusan lainnya, silahkan beri komentar dibawah, ya!

Leave a Reply