Males Belajar? No Way! Inilah 5 Tips Menghindari Rasa Malas Saat Belajar

Hello, Hi-Mates!

Sudahkah kalian belajar hari ini?

Sebagian besar dari kalian pasti menjawab belum karena satu alasan, yaitu malas. Padahal, belajar merupakan kewajiban setiap pelajar di seluruh dunia. Ada banyak manfaat yang kita dapat dari belajar. Misalnya, pengetahuan kita jadi tidak terbatas dan otak kita tidak beku sehingga lebih mudah menyerap pelajaran.

Memang, rasa malas belajar bukanlah hal baru dikalangan pelajar. Ada banyak faktor yang membuat kalian malas belajar, seperti “belajar membosankan”, “tidak mengerti materi pelajarannya”, atau “pusing melihat kata-kata didalam buku”. Sebenarnya, rasa malas itu ada didalam diri kita sendiri dan biasanya diawali dengan kebiasaan menunda pekerjaan.

Nah, untuk memberantas rasa malas kalian, hari  ini hiVAL mau membagikan tips supaya kamu nggak malas belajar lagi dan bisa meraih ranking tertinggi di kelasmu!

  1. Tentukan Target

Ketika kita melakukan sesuatu, kita pasti memiliki target di setiap rencana. Dengan memiliki target, biasanya kita akan lebih bersemangat untuk meraih target itu. Jadi, sebelum belajar kamu harus menentukan targetmu secara jelas dan tertulis. Misalnya, targetmu untuk menjadi juara kelas atau meraih niali tertinggi di beberapa mata pelajaran tertentu.

  1. Buat Jadwal Belajar

Kamu malas belajar karena keasyikan main games di ponsel atau takut tidak bisa main bersama teman? Dengan membuat jadwal belajar tentunya kamu lebih bisa memanajemen waktumu dengan baik.

Kamu bisa membuat jadwal secara tertulis atau meng-aktifkan alarm di ponselmu sebagai pengingat waktu belajar. Tidak perlu lama, belajar singkat namun rutin sudah lebih dari cukup daripada nggak sama sekali.

  1. Buat Catatan Sendiri

Biasanya, belajar langsung dari buku membuat kita kesulitan untuk mencerna materi yang dimaksud. Kamu bisa membuat catatan kreasimu sendiri; tidak hanya tulisan, tapi kamu juga bisa menambahkan gambar-gambar untuk memperindah catatanmu. Karena catatan itu berisi tulisan dan bahasamu sendiri, tentunya kamu jadi lebih mudah mengerti dibanding bahasa buku. Yuk, ambil spidol atau pensil warnamu dan mulai mencatat!

  1. Post-It Materi

Daripada memenuhi dinding kamarmu dengan poster, yuk coba catat ringkasan materi belajarmu di Post It lalu tempel di dinding kamarmu. Saat bangun tidur atau sebelum tidur, kamu bisa langsung baca catatanmu tanpa harus buka buku dulu.  Praktis kan?

  1. Belajar Online

Masih malas baca dari buku? Eits, tenang! Di zaman sekarang, semua hal yang kamu butuhin sudah tersedia di smartphone-mu! Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan, bahkan pendidikan. Saat ini, kamu nggak perlu lagi bawa-bawa buku tebal untuk belajar. Cukup buka browser di smartphone-mu, lalu buka cbt.hasama.co.id dan daftar sebagai siswa. Ta-da! Semua materi belajarmu sudah ada dalam satu aplikasi. Kamu bisa pilih pelajaran apa yang mau kamu kuasai di Bank Soal yang sesuai dengan jenjang kelasmu. Nggak cuma kunci jawaban, di Bank Soal juga disediakan penjelasan materi, yang tentunya mempermudah kamu dalam belajar. Kamu juga bisa coba ngerjain soal Tryout di Lihat Kumpulan Set Soal. Di hiVAL, kamu nggak akan merasa malas lagi untuk belajar karena hiVAL bikin asyik belajarmu!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas untuk belajar. Jangan lupa share ke teman-temanmu ya, Hi-Mates!

Semangat belajar!

Leave a Reply