5 Tips Untuk Selalu Kreativ!

Otak kita dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Kedua struktur ini sangat kompleks, tetapi masing-masing bagian berperan penting untuk berbagai macam jenis pemikiran. Otak kiri biasanya digunakan untuk menganalisa, menulis, berbicara, obyektifitas, mempertimbangkan sesuatu, dan hal lainnya yang berhubungan dengan logika. Sementara otak kanan bertanggung jawab dengan subyektifitas dan hal lainnya yang berbau kreativitas.

Jadi, kalo kamu suka dengerin musik, melukis, atau bikin kerajinan, itu artinya otak kanan kamu lagi bekerja. Semakin kamu asah, maka tingkat ke-kreativitasan kamu pastinya akan semakin meningkat. Tapi gimana caranya supaya tingkat kreavitas itu tetap terjaga? Simak yang berikut ini yuk!

  1. Take A Break

Kalau otak kamu bekerja terlalu keras, nantinya otak kamu malah kepanasan dan ide-ide kamu bakalan mampet! Cobalah untuk ambil jeda sejenak, tapi bukan leha-leha diatas kasur, lho. Maksud break disini kamu bisa jalan-jalan, berkebun, atau bersepeda keliling komplek rumah. Yang penting, istirahat kamu meliputi kegiatan yang cukup gerak. Dengan jalan-jalan ke tempat outdoor, nantinya otak kamu bisa lebih fresh dan siap melahirkan ide-ide out of the box lainnya deh!

  1. Ubah Kebiasaan

Melakukan kebiasaan berulang-ulang bisa bikin otak kita bekerja nggak dinamis dan sulit untuk menerima perubahan, lho! Untuk mengatasinya, kamu bisa coba udah kebiasaan yang kamu lakuin. Misalnya, kalau kamu sering belajar di kamar, coba sekali-kali ubah lokasi belajar kamu—bisa di halaman belakang ruma, café, atau taman. Sering berganti suasana baru akan lebih cepat merangsang otak kamu untuk lebih kreatif dan beda dari yang lain.

  1. Dengerin Musik

Percaya nggak percaya, musik adalah salah satu obat ampuh buat ngilangin stres, lho! Apalagi kalau kamu dengerin lagu atau musik sambil nyanyi. Dijamin, kedua hal tersebut akan lebih memotivasi otak kamu untuk lebih kreatif!

  1. Logging Out!

Tahukah kamu? Bermain media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram terus menerus nyatanya nggak akan bikin otak kamu makin kreativ, lho. Daripada online di laptop atau pc, mending ambil buku catatan atau sketchbook, lalu tuangkan apa yang ada di pikiranmu.

  1. Jadi Diri Sendiri

Si A keren, si B kece, terus kamu? Kamu harus lebih wow dari mereka pastinya! Jangan takut untuk menjadi diri sendiri dan jangan terbawa suasana. Kamu bisa lebih kreatif kalau kamu nggak terlalu fokus pada satu titik. Coba buat hal-hal baru yang memang nunjukkin kalau itu adalah kamu. Intinya, tetap percaya sama dirimu sendiri!

 

Nah, Hi-Mates, udah siap untuk menjadi out of the box? Komen kalau kamu punya tips-tips menarik lainnya! Bisa juga suggest untuk artikel selanjutnya, lho!

One Reply to “5 Tips Untuk Selalu Kreativ!”

  1. Semakin kamu asah, maka tingkat ke-kreativitasan kamu pastinya akan semakin meningkat.

Leave a Reply