5 PTN Favorit Pelajar Indonesia

Bagi Hi-Mates yang udah berhasil berjuang menghadapi UN SMA, pastinya sibuk menyiapkan diri memilih perguruan tinggi negeri mana yang akan di masuki. Di Indonesia sendiri ada banyak perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi dambaan atau favorit ribuan pelajar Indonesia. Check list dibawah ini kalau mau tau!

  1. Universitas Padjajaran
sumber: cewekbanget.id

Universitas Padjajaran atau yang lebih dikenal dengan Unpad menjadi peringkat teratas PTN favorit tahun 2017. Universitas yang berlokasi di Bandung ini memang selalu memiliki banyak peminat tiap tahunnya, sehingga kamu harus bersaing dengan ribuan pelajar lainnya yang ingin mengejar ilmu di universitas ini. Di tahun ini, ada sekitar 39.388 pendaftar yang meminati kampus ini.

  1. Universitas Brawijaya
sumber: ub.ac.id

PTN yang biasa di kenal dengan Unbraw ini diminati oleh sekitar 33.950 pendaftar. Kampus yang pusatnya ada di Malang ini memiliki 143 program studi yang terdiri dari Diploma 3 (D3): 4; Diploma 4 (D4): 4; Sarjana (S1): 64; Magister (S2): 39; Doktor (S3): 14; Spesialis 1 (Sp1): 15; dan Profesi: 3. Dengan beragam prestasinya, nggak heran deh banyak pelajar yang ngantri masuk kesini.

  1. Universitas Diponegoro
sumber: hoteldekatkampus.com

Tahun ini Undip menerima 32.085 pendaftar yang ingin menjadi mahasiswanya melalui SNMPTN. Perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Semarang ini memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah, dengan rincian 21 Program Studi Diploma III (D3), 51 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3). UnDip juga memiliki 2 kampus lho, ada di Semarang dan Jepara.

  1. Universitas Sumatera Utara
sumber: harian88.com

USU yang merupakan singkatan dari Universitas Sumatera Utara ini masuk kedalam daftar PTN favorit yang berada di luar Jawa. Jumlah peminat universitas pertama di pulau Sumatera yang memiliki Fakultas Kedokteran tahun ini berjumlah 31.940 pendaftar. USU memiliki 15 fakultas dengan Jumlah program studi yang ditawarkan sebanyak 101, yang terdiri dari 8 tingkat doktoral, 28 magister, 15 spesialis, 5 profesi, 52 sarjana, dan 15 diploma.

  1. Universitas Gadjah Mada
sumber: hoteldekatkampus.com

Terletak di Yogyakarta, PTN yang satu ini memang menjadi langganan para pelajar untuk melanjutkan pendidikannya setelah SMA. UGM memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana, dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Tahun ini aja, ada sekitar 31.814 pelajar yang mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada melalui SNMPTN.

Sebutin PTN impianmu di komen, yuk!

Leave a Reply