5 Manfaat Membaca Yang Kamu Harus Tahu!

Di zaman yang semakin modern ini, media membaca nggak cuma dari buku, majalah, atau koran aja. Semenjak “virus” digital merambah ke Indonesia, mayoritas orang Indonesia jadi gemar menjelajah Internet. Jujur saja, kamu pasti termasuk kan?

Internet nggak hanya bisa dipake untuk buka media sosial, tapi kamu juga bisa baca novel, berita, atau artikel-artikel ilmiah yang ada di website / blog pripadi seseorang. Dengan membaca, tentunya wawasan kamu bisa lebih luas, bahkan kamu bisa jadi lebih update di banding temen-temen kamu lainnya.

Eits, itu baru sedikit manfaat yang bisa kamu dapat dari membaca, lho! Mau tau lebih banyak? Yuk, scroll down!

  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan membaca—baik itu dari buku, internet, atau media lainnya—, kita bisa memenuhi kepala kita dengan informasi-informasi yang sudah kita ketahui atau bahkan yang belum pernah kita dengar sama sekali. Kita juga jadi lebih luas mengenal dunia lain, lebih dari sebelumnya.

  1. No Galau!

Membaca bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk kamu yang lagi pundung atau galau. Karena saat kamu membaca, pikiran kamu akan fokus pada apa yang kamu baca. Apalagi kalo udah baca novel favorit, hiVAL yakin kamu bisa lupa sama dunia di sekelilingmu, deh.

  1. Meningkatkan Rasa Empati

Apa kamu pernah baca cerita sedih di novel favorite kamu sampe nangis bombay? Atau ketawa nggak berenti karena guyonan cerita itu? Itu artinya kamu memahami perasaan karakter atau alur cerita yang ada di novel itu. Dan nantinya, hal itu akan membantu kamu untuk meningkatkan kualitas hubungan kita dengan lingkungan sekitar.

  1. Kaya Kosakata

Sering membaca akan memperkaya kosa katamu. Hal ini tentunya akan sangat membantu kamu menyusun kata-kata untuk tugas essay atau makalah. Kamu juga ga akan gugup lagi saat presentasi di depan kelas karena otak kamu udah merekan banyak kata!

  1. Mengasah Otak

Menurut penelitian, dibandingkan dengan menonton televisi atau mendengarkan radio, membaca ternyata lebih bagus untuk otak kamu. Karena saat membaca, otak kita secara otomatis akan menyimpan kata-kata yang ditangkap. Nggak Cuma itu, dengan membaca, kamu jadi bisa lebih berimajinasi dan hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya tingkat kreativitasmu!

Masih males buat baca? Jangan sampe kamu nyesel nantinya deh!

Shout out di komen kalo kamu punya ide artikel menarik lainnya ya!

Leave a Reply