Ujian Bakalan Lancar Dengan Tips-Tips Ini!

Tujuan dari ujian adalah untuk mengevaluasi dan mengukur sudah sejauh mana perkembanganmu dalam belajar.  Oleh karena itu, kamu harus mengerjakan setiap soal ujian dengan percaya diri tanpa rasa ragu atau gugup sedikitpun. Karena rasa gugup itu yang nantinya akan membuat kamu tidak fokus. Tapi, jangan khawatir, Hi-Mates! hiVAL punya tips yang bisa bikin kamu lancar mengerjakan soal-soal ujian, lho. Yuk, di cek!

  1. Belajar Sebelum Ujian

Malam hari sebelum ujian, kamu bisa membuat rangkuman dari materi yang sudah kamu pelajari. Jangan menghapal isi materi, lebih baik kamu membuat catatan di selembar kertas atau post-it dan buat sesuai dengan bahasamu sendiri karena biasanya kamu akan lebih cepat paham dibanding bahasa dari buku.

  1. Persiapkan Alat Tulis

Biasanya, banyak diantara Hi-Mates yang lupa membawa sesuatu di hari ujian karena terlalu fokus belajar semalaman. Ada baiknya, sebelum kamu tidur, rapikan seluruh keperluan ujianmu seperti papan jalan, pensil, penghapus, pulpen, dan lain sebagainya dan lebih baik jika membawa cadangan alat tulis. Sehingga kamu nggak perlu bingung meminjam kesana-kemari kalau alat tulismu hilang.

  1. Sarapan Di Rumah

Hi-Mates, usahakan untuk sarapan sebelum kamu ujian, ya. Karena perut yang kosong membuat kamu tidak akan fokus saat mengerjakan soal-soal ujian.

  1. Berdoa

Nah, ini yang terpenting. Sebelum mengerjakan sesuatu ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu.

 

  1. Kerjakan Soal yang Mudah

Pilihlah soal yang mudah kamu pahami terlebih dulu. Jangan memaksakan dirimu untuk mengerjakan soal yang sulit. Alhasil, waktumu akan terbuang percuma.

  1. Teliti

Jangan terburu-buru saat mengerjakan soal. Kamu harus membaca kata per kata  setiap pertanyaan dengan baik sehingga nantinya kamu tidak salah menjawab.

  1. Periksa Jawaban

Setelah selesai menjawab semua pertanyaan, periksa jawabanmu sekali lagi. Jangan sampai ada yang keliru atau salah mengisi butir jawaban. Karena kesalahan kecil saja akan mempengaruhi nilai akhirmu nanti.

 

Nah, Hi-Mates, intinya percaya pada dirimu sendiri dan jangan lupa belajar soal-soal ujian di cbt.hasama.co.id, ya!

 

Semangat berjuang!

 

Kalau kamu punya tips lainnya, tambahkan di kolom komentar dibawah ini ya!

Leave a Reply